Doc: medinfo


Pmiigusdur.com– Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Abdurrahman Wahid Komisariat Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar acara Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA 2) yang berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) NU Mangkang, Semarang pada 5-6 Oktober 2024.

 

Salah satu bagian paling penting dalam acara ini adalah prosesi pembaiatan yang diikuti oleh para peserta sebagai simbol resmi mereka menjadi anggota PMII. Pembaiatan sendiri menjadi salah satu ritual yang sangat diutamakan dalam proses kaderisasi PMII, yang dianggap sebagai langkah awal yang menandakan ikrar dan kesungguhan dalam berjuang untuk organisasi dan agama.

 

Ketua Komisariat PMII UIN Walisongo, Iqbal Alaik menyampaikan bahwa menjadi bagian dari PMII adalah sebuah kebanggaan, momentum MAPABA ialah awal perjalanan sebagai kader.

 

"PMII adalah organisasi besar dan kalian seharusnya bangga bisa bergabung di dalamnya, proses ini adalah awal dari perjalanan panjang kalian sebagai kader yang akan berperan dalam masyarakat. Kami menunggu kontribusi dan ide-ide cemerlang dari kalian,” ujarnya.

 

Ia juga berharap para kader yang baru dibaiat dapat mengoptimalkan potensi dan komitmennya dalam setiap langkah perjuangan ke depan.

 

"Semoga langkah awal berjuang kalian ke depan dapat memberikan yang terbaik, serta mampu memaksimalkan segala kegiatan yang akan diamanahkan kepada kalian.

 

Ketua PMII Cabang Kota Semarang, Haris Almustaqim juga menyampaikan pesan penting mengenai arti kesadaran dalam berorganisasi, khususnya dalam PMII.

 

"PMII adalah sarana untuk kalian bergerak, proses pembaiatan ini bukan sekadar seremonial, tetapi sebagai tanda bahwa kalian siap untuk berjuang, bergerak, dan berkontribusi. Kalian harus memiliki kesadaran penuh tentang tanggung jawab yang diemban," jelasnya.

 

Salah satu peserta, Nisrina yang merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), berbagi pengalaman tentang proses pembaiatannya. Nisrina sebelumnya tidak dapat mengikuti proses baiat pada MAPABA 1 karena kondisi kesehatan yang kurang mendukung. Namun, pada MAPABA 2 ini, ia akhirnya bisa mengikuti dengan khidmat.

 

“Saya merasa sangat bersyukur bisa mengikuti prosesi baiat ini. Meskipun saya sudah ikut MAPABA 1, baru kali ini bisa resmi bergabung melalui pembaiatan. Proses ini sangat khidmat dan memberikan kesan mendalam bagi saya,” ungkap Nisrina.

 

Ia juga menambahkan bahwa motivasinya untuk bergabung dengan PMII adalah untuk menambah wawasan dan mendalami agama lebih dalam.

 

"Saya ingin meningkatkan pemahaman saya tentang agama dan juga berkontribusi dalam organisasi ini untuk kemajuan umat," tambahnya.



reporter: Hikmatun Nur

Editor: Husenn